TUGAS 1
1. TEKNOLOGI GAME
PENGERTIAN
TEKNOLOGI GAME
Teknologi Game yaitu tentang mempelajari bagaimana sebuah
game itu di buat hingga bisa dimainkan oleh orang banyak. Mulai dari merancang
cerita yang ada pada game, merancang sistem pelevelan, merancang model karakter
yang ada pada game, membuat animasi dan storyboard, merancang user interface,
melakukan tugas-tugas programming, hingga proses produksi game tersebut dan
distribusinya. Sayangnya di Indonesia belum banyak perguruan tinggi yang
menyediakan program studi ini. Pada beberapa perguruan tinggi, ilmu teknologi
game termasuk kedalam salah satu konsentrasi dari program studi Teknik
Informatika dan Desain Komunikasi Visual (DKV).
Atau, Teknologi game terdiri dari dua kata, yaitu
Teknologi dan Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan
sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara
umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda
yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai
suatu tujuan.
Sedangkan Game adalah permainan yang menggunakan
interaksi antarmuka pengguna melalui
gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
SEJARAH
PERKEMBANGAN GAME
A.
Teknologi
Game Generasi Pertama (1952-1975)
Teknologi game rupanya
diciptakan pertama kali oleh A.S. Douglas pada tahun 1952 di University of
Cambridge. Douglas mendemonstrasikan game buatannya melalui tesis dalam rangka
mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Game pertama yang ada di dunia
ini ternyata sangat simpel, yakni sebuah permainan Tic-Tac-Toe atau XOXO yang
diprogram menggunakan komputer EDSAC vaccum-tube, dimana komputer ini memiliki
layar CRT (Cathode Ray Tube).
Tesis serta teknologi game
yang diulas oleh A.S Douglas membuat banyak orang terinspirasi. Bahkan pada
tahun 1958 kemudian, William Higinbotham serta menciptakan game Tennis for Two
yang dimainkan di osiloskop. Sama dengan Douglas, game ini juga masih sangat
sederhana. Antarmukanya sendiri menampilkan lapangan tennis dari samping dan masih
sangat terbatas.
Beberapa tahun pasca
diciptakannya teknologi game pertama atau lebih tepatnya pada tahun 1961—game
selanjutnya hadir bersamaan dengan naik daunnya teknologi komputer. Komputer
pada saat itu masih menjadi barang yang sangat mewah, dari sini Steve Russel
menciptakan game bernama Spacewar karena terinspirasi dengan kisah fiksi ilmiah
karya Edward E Smith berjudul Skylark. Game Spacewar berhasil diciptakan Russel
menggunakan komputer dan memanfaatkan fitur mainframe MIT PDP-1 yang biasa dipakai
untuk perhitungan statistik. Dengan komputer tersebut, Steve sukses membuat
Spacewar.
B.
LAHIRNYA
VIDEO GAME
Karena teknologi game
menjadi pembicaraan hangat pada silam lalu, maka beberapa mahasiswa memutuskan
berinovasi dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada di kampusnya untuk
membuat video game lebih menarik sekaligus turut menyalurkan kreatifitas. Namun
pada tahun 1972, teknologi game lebih berkembang ketika untuk pertama kalinya
dirilis perangkat video game besutan perusahaan Magnavox Odyssey, mereka
menciptakan terobosan teknologi baru dalam dunia game yang mana berhasil
menciptakan video game bisa dihubungkan dengan televisi.
Namun sayangnya tiga tahun
berselang yakni pada tahun 1975, Magnavox Odyssey berhenti memproduksi video
gamenya. Tapi mereka justru memperkenalkan teknologi baru yaitu mikroprosesor
berbasis konsol. Hingga akhirnya pihak Magnavox memproduksi video game jenis
baru yang khusus menyajikan game Pong.
C.
Teknologi
Game Generasi Kedua (1976-1983)
Pada generasi kedua,
teknologi game berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Masa ini dikenal
dengan hadirnya grafik 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah komputer dan
video game. Karena di tahun 1976, teknologi game berhasil dihidupkan kembali
oleh Fairchild bersama karyanya yaitu VES (Video Entertainment System). Dalam
dekade generasi kedua ini, banyak perusahaan yang menciptakan teknologi game
berbasis konsol. Seperti Fairchild Channel F, Magnafox Odyssey versi 2, Attari
2600, hingga Attari 5200.
Dari berbagai besutan tersebut,
perusahan-perusahan lain ternyata tidak dapat mengalahkan teknologi milik
Attari 2600. Bahkan pada tahun 1980, berbagai produsen konsol baru bermunculan
dan menjadikan Atari 2600 sebagai desain dan konsep dasar. Sehingga
perkembangan game menjadi semakin maju.
Pada era ini juga terlahir
banyak game-game baru yang lebih mengenalkan suasana 3D seperti Battlezone
besutan Atari, Pac Man keluaran Namco, Game & Watch milik Nintento dan lain
sebagainya dari perusahaan lainnya pula.
Meskipun demikian, pada tahun
1983 penjualan konsol video game mulai berkurang dan banyak orang yang mulai
meninggalkannya. Hal ini dikarenakan kurang kreatifnya para pembuat game.
Ditambah lagi dengan perkembangan PC semakin canggih sehingga membuat banyak
orang memutuskan membeli PC ketimbang konsol video game.
D.
Teknologi
Game Generasi Ketiga (1983-1986)
Menurunnya penjualan konsol
game tidak membuat perusahaan lain menghentikan produksinya. Bahkan pada akhir
tahun 1983 silam, konsol game baru buatan Nintendo yakni Famicom/Nintendo
Entertainment System (NES) resmi diluncurkan. Lebih hebatnya lagi, FAMICOM
merupakan konsol game pertama yang menampilkan gambar dan animasi beresolusi
tinggi. Dan kehadiran perangkat ini tentu saja disambut baik oleh masyarakat di
seluruh dunia. Bahkan game legendaris yaitu Super Mario juga pertama kali
muncul di perangkat besutan Nintendo dan Famicon ini.
Kehadiran Super Mario
akhirnya kembali membuat penjualan konsol game meningkat, bahkan karena hal ini
banyak perusahaan software dan hardware yang menghentikan produksinya.
Mengingat Super Mario pada saat itu terjual sangat pesat, ini kemudian
ditakutkan membuat perangkat lain baik itu software maupun hardware tidak laku
di pasaran sehingga tidak heran karena tidak mau ambil risiko banyak perusahan
yang memilih menghentikan produksinya secara sementara.
Penjualan Super Mario itu
akhirnya sekaligus membuat Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika. Dan
mereka berhasil mendominasi pasar video game di sana, sehingga hal ini secara
tidak langsung juga menimbulkan persaingan antar perusahaan konsol game, yaitu
Nintendo yang merupakan pendatang, dengan SEGA yang notabennya memang bertempat
di Amerika.
E.
Teknologi
Game Generasi Keempat (1988-1993)
Melejitnya penjualan
Nintendo bersama Super Mario-nya ternyata bertahan beberapa lama. Hal ini
terbukti pada tahun 1988, Nintendo kembali mengeluarkan konsol game barunya
dengan generasi 16 bit sekaligus membawa perubahan drastis pada gameplay, tata
suara, grafik, dan lain sebagainya. Konsol game baru buatan Nintendo akhirnya
disambut hangat oleh dunia.
Tidak mau tertekan dengan
atmosfer kesuksesan Nintendo, SEGA juga turut merilis konsol game versi baru
yaitu Sega Mega Drive dengan kualitas yang hampir sama. Bahkan, SEGA berhasil
membuat konsol game yang memiliki gambar lebih tajam dan animasi lebih halus
ketimbang milik Nintendo. Namun hal itu rupanya tidak mempengaruhi penjualan
perangkat Nintendo di dunia. Perangkat ini masih bertahan di puncak penjualan
tertinggi untuk konsol game.
Konsol game baru milik
Nintendo yakni SNES (Super Nintendo Entertainment System) memang dapat
menyaingi SEGA Megadrive pada tahun 1990 silam. Namun berselang setahun
kemudian, SEGA meluncurkan game berjudul Sonic the Hedgehog, yang akhirnya
menarik pecinta game. Karena secara kualitas gameplay, grafik, dan lain
sebagainya tentu game ini jauh lebih baik ketimbang Super Mario milik Nintendo.
Dan akhirnya Sonic the Hedgehog resmi menjadi saingan berat Super Mario.
F.
Teknologi
Game Generasi Kelima (1994-1999)
Untuk menyaingi Nintendo dan
SEGA, lama tidak terdengar akhirnya Atari kembali meluncurkan konsolnya yaitu
Atari Jaguar yang memiliki kecanggihan setara SNES dan Mega Drive. Namun
sayangnya, penggunaannya yang lebih sulit membuat pecinta game kurang tertarik.
Bahkan di generasi ini juga Sony untuk yang pertama kali mengeluarkan konsol
game berbasis CD. Dan kemudian mengeluarkan Playstation yang menggunakan
teknologi 32 bit.
Kedua konsol buatan Sony
akhirnya berhasil menuai kesuksesan dan merebut perhatian para pecinta game.
Konsol berbasis CD-nya saja menjadi salah satu konsol game terlaris sepanjang
masa jauh mengalahkan Nintendo dan SEGA. Tentu saja merasa tersaingi, kemudian
Nintendo kembali mengeluarkan konsol baru yakni Nintendo 64 dan SEGA merilis
SEGA Saturn yang diciptakan untuk mengalahkan dominasi konsol besutan Sony.
G.
Teknologi
Game Generasi Keenam (2000-2013an)
Meskipun meluncurkan konsol
barunya, tapi nyatanya Nintendo dan SEGA tetap tidak bisa mengalahkan penjualan
Playstation milik Sony. Bahkan pada tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan
merilis Playstation 2 berbasis DVD dengan tampilan jauh lebih baik dari semua
konsol milik Nintendo dan SEGA. Kehadiran Playstation 2 akhirnya meninggalkan
jauh teknologi game milik kedua perusahaan yang bersaing ketat di generasi-generasi
sebelumnya. Satu-satunya konsol yang dapat menyaingi Sony yakni hanya milik
Microsoft yang diberi nama Xbox. Persaingan ketat tersebut akhirnya juga
membuat SEGA mengakui kekalahannya dan mereka justru lebih memilih
berkonsentrasi di bidang pembuatan game konsol.
Meskipun mendapat saingan
baru, Xbox milik Microsoft ternyata tetap tidak mampu menyaingi persaingan
Playstation 2. Pada era tersebut, Playstation 2 menjadi pemuncak penjualan
tertinggi untuk konsol game.
H.
Teknologi
Game Generasi Ketujuh (Sekarang)
Perkembangan konsol game
semakin menjadi pada masa-masa ini, tiga perusahaan teknologi konsol game yaitu
Sony, Microsoft, dan Nintendo masih bersaing dan terus mengeluarkan
konsol-konsol game versi baru buatan mereka. Sony kembali mengeluarkan Playstation
3-nya dan meneruskan hingga sekarang Playstation 4. Nintendo masih berusaha
bangkit dengan meluncurkan Nintendo Wii, dan Microsoft memperkenalkan Xbox 360
hingga terbaru Xbox One. Meskipun demikian, Microsoft dan Nintendo masih tidak
dapat mengalahkan konsol game Playstation 4 milik Sony. Terlebih lagi baru-baru
ini juga semakin meningkat perkembangan sistem game online yang tentu saja
melibatkan player-vs-player. Keseruan tersebut membuat banyak pengguna game
yang meninggalkan game-game single player bernotaben membosankan.
2. UNITY 3D
PENGERTIAN
UNITY 3D
Unity
adalah Game Engine yang cukup dikenal. Game engine ini telah banyak digunakan
baik dari kalangan pelajar maupun penggiat game indie. Unity dapat digunakan
untuk membuat game 2D atau 3D.Sedangkan, Game Engine merupakan sebuah software
dengan framework yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan game.
Kelebihan Game Engine yaitu dapat memudahkan kita untuk membuat sebuah Game.
Kelebihan
dari Unity yaitu mengajarkan kira tentang bagaimana caranya membuat game versi
gratis, Unity jufa menyediakan asset strore yang berisi asset atau perlengkapan
untuk membuat game yang dapat langsung digunakan. Asset yang tersedia di Unity
antara lain bentuk karakter, tampilan peta, dan lain sebagainya.
SEJARAH
UNITY DAN PERKEMBANGANNYA
Unity 3d adalah salah satu software yang bagus untuk
mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan software atau aplikasi yang
interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Unity
lebih tepat dijelaskan sebagai salah
satu software untuk mengembangkan video game atau disebut juga game engine ,
yang sebanding dengan game engine yang lain contohnya saja: Director dan Torque
game engine. Unity sebanding dengan mereka ( Director dan Torque ) dikarenakan
mereka semua sama – sama menggunakan grafis yang digunakan untuk pengembangan
aplikasi 3D.
Dalam beberapa tahun perkembangannya, sebelum dirilis,
Unity telah diluncurkan pertama kali sebagai versi pra – rilis dengan GooBall
sebuah video game yang didesain khusus untuk Apple Macintosh.
GooBall, dengan unity pra – rilis , telah diluncurkan
atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu Unity diluncurkan
secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada dua bulan setelahnya
yaitu bulan Juni tahun 2005.
Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi pengembang
game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design awards dalam kategori “Best
OS X Graphics”.
Unity juga disebut sebagai aplikasi pengembang
multiplatform, yang mana artinya unity mendukung untuk mengembangkan aplikasi
game dan aplikasi yang lain untuk beberapa platforms seperti game console,
Mobile Phone platforms, Windows dan OS X.
Sejak unity secara resmi dirilis sebagai Unity versi
1.0.1, banyak pembaharuan (update), upgrades dan fitur yang telah ditambahkan
selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus berkembang secara terus –
menerus. Sekarang ini Unity sudah ada pada versi 3.0 yang telah diumumkan pada
bulan Maret 2010, bagaimanapun versi ini masih didalam pre order, yang mana
artinya pengguna dapat memesan tetapi sebenarnya software masih belum rilis
untuk pengiriman.
Unity ada atau datang dengan beberapa pilihan perijinan
(license), berkisar dari yang gratis untuk Unity paket utama ( dasar ) untuk
Unity pro, untuk satu license dijual
dengan harga $1200. Baik Unity yang versi gratis dan Unity yang versi pro
menawarka banyak fitur yang dapat digunakan, masih untuk yang versi gratis
memperlihatkan sebuah halaman spash pada game yang tetap (regular) , dan desain
untuk game online menggunakan Unity watermark.
Lebih dari beberapa tahun banyak game yang dikembangkan
dan dibuat berjalan pada Unity, beberapa lebih ketetapan berada dalam satu
bungkus atau masukkan: Butuh Kecepatan: Dunia, yang mana sekarang ini dalam
perkembangan dan waktunya rilis berikutnya pada tahun ini, WolfQuest, yang mana
rilis pada tahun 2007, Tiger Woods PGA Tour Online , yang mana telah dibuat
pada April pada tahun 2007 dan Atmosphir , yang mana banyak game baru yang
dapat berjalan di Unity.
Harus di catat akan dapat mengembangkan game untuk
Iphone/Ipad platform, degan melakukan upgrade plug-in yang dibutuhkan oleh
Uniy, untuk licensenya dapat diperoleh pada website Unity.
FITUR
– FITUR PADA UNITY
Ø Rendering
Graphics engine yang
digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux,
PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan
untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient
occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and
full-screen post-processing effects.[4]
Unity dapat mengambil format
desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D,
Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset
tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user
interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang
digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari
fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah
shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback
declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card
terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar
menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring
dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan
Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan
dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih
sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik
facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat FPS.
Ø Scripting
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah
implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan
UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript,
dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa
pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan
versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
Ø Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi
terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan
PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library
(dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback
menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree
billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global
illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan
navigasi mesh pencari jalur built-in.
Ø Platforms
Unity support pengembangan
ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim
keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan
spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang
didukung.
Saat ini platform yang
didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux,
Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and
Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung
PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’
Tasty.
Rencana platform berikutnya
adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan
HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan
disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.
Ø Asset Store
Diluncurkan November 2010,
Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset
store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models,
textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan
project, scripting package, editor extensions dan servis online.
Ø Physics
Unity juga memiliki suport
built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya
Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada
arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.
3. DESAIN SKENARIO & SCRIPT
DESAIN
SKENARIO
Skenario
adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi
sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah
skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih
mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat
sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game
yang akan kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang
melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan
interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam
desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan
musik. Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang
merupakan sekuens linier dari adegan, turn around point, dialog, dan
seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan
secara kompleks semua segi game yang direncanakan.
SCRIPT
Dalam
pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program atau urutan instruksi yang
ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer
prossesor. Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat
kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip
biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil
skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu.
Contohnya ialah penyisipan
skrip assembly ke dalam program Pascal untuk mengakses hardware pada level
bahasa tingkat rendah. Skrip merupakan kumpulan sintaks bahasa pemrograman yang
siap untuk di-compile. Untuk mengetahui tentang script, disini ada sedikit
rangkuman tentang script :
·
Script adalah bahasa yang digunakan untuk
menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses.
·
Jenis script sangat menentukan statis,
dinamis, atau interaktifnya sebuah situs
·
Semakin banyak script yang digunakan maka
akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.
·
Bahasa dasar yang di pakai setiap situs
adalah HTM
·
Macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java
Script, Java Applets, VBScript.
·
Sebelum masuk ke pengertian SBG pada game
kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Story board.
4. ARTIFICIAL INTELLIGENT PADA GAME
Salah satu unsur yang
berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan
buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya
manusia. Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam
permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian
dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character).
Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah
pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia
untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
Ø Penglihatan
(vision)
Ø Suara
(voice), ucapan (speech)
Ø Gerakan
anggota badan ( gesture)
Untuk pembentukan Artificial
Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon
n-ary untuk suatu struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game
tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan
buatannya. Artificial intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang
membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi
permainan dari game sebagai suatu node, dan merepresentasikan langkah yang
mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut
ke anak (child) sebagaimana representasi suatu pohon (tree).
https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/teknologi-game/Diakses
pada Selasa, 19 Maret 2019 pukul 09.05 WIB
https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/Diakses
pada Selasa, 19 Maret 2019 pukul 09.25
https://www.indoworx.com/menelusuri-sejarah-perkembangan-teknologi-game-di-dunia/Diakses
pada 19 Maret 2019 09.25
Winarto, Edy. Ali Zaki., dan SmitDev
Community.2015.Membuat Game Android dengan Unity 3D.Jakarta : PT Elex Media
Komputindo.
http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/Diakses
pada Selasa, 19 Maret 2019 pukul 10.15
https://www.ranggahamdan.com/2017/03/09/desain-sekenario-script-storyboard-game-dan-storyboard-animasi/Diakses
pada Selasa, 19 Maret 2019 pukul 10.30
https://www.ranggahamdan.com/2017/04/18/artificial-intelligence-pada-game/Diakses
pada Selasa, 19 Maret 2019 pukul 10.45
Komentar
Posting Komentar