TUGAS 4
PERANCANGAN GAME
Game one shot ini dibuat dengan menggunakan IDE Netbeans sebagai
editornya. Untuk melihat rancangan game ini dibuat bisa melihat gambar di bawah
ini :
a. Terdapat 3 objek sebagai komponen utama dalam
game One Shot. Dimana 3 objek tersebut yaitu:
1. Pemain berperan sebagai user yang
memainkan game One Shot melawan pemain target yang berperan sebagai AI dalm
game One Shot untuk memperoleh skor.
2. Target berperan sebagai komputer
atau AI dengan bergerak menghindar untuk menggagalkan pendapatan score.
3. Score sebagai media untuk
memeperoleh angka, dimana jika target terpenuhi makna pemain menang, jika tidak
maka pemain kalah
b. Untuk
menggerakan pemain hanya dapat menggunakan mouse .
c. Permainan
diatur dimana jika target terpenuhi maka pemain menang.
IMPLEMENTASI KODE PROGRAM
Pada bagian implementasi kode program akan membahas mengenai
pembuatan aplikasi.
Method di atas berfungsi untuk mengubah tampilan kursor menjadi
aim. Pendeklarsian dibuat melalui event pada Jframe yaitu event mouseEntered.
Blok program diatas digunakan untuk pengaturan waktu pada game
dimana setiap level hanya memiliki waktu 1 menit 30 detik / 90 detik untuk
menyelesaikan misi. jika waktu tersisa <=10 detik maka warna text akan
berubah menjadi merah.
Blok program diatas merupakan isi dari method formWindowOpened,
dimana method tersebut akan dipanggil ketika program dijalankan, pada method
ini berisi setiap gambar yang akan digunakan pada permainan, dimana beberapa
gambar diatur akan muncul pada kondisi tertentu, dan akan menghilang pada waktu
yang telah disesuaikan.
Method tersebut digunakan untuk membuat gambar
senjata dan spark(apa tembakan) muncul sesuai dengan posisi cursor pada sumbu x
Method formMouseClicked merupakan method yang akan dijalankan
ketika mouse di klik. Switch diatas digunakan untuk pengaturan gambar peluru
dengan variable bullet sebagai jumlah peluru yang setiap mouse diklik akan
mengurangi nilai dari variable bullet dan mengeluarkan suara tembakan. Ketika
bullet bernilai 0 maka akan mengeluarkan suara reload peluru.
Merupakan pengaturan gambar ketika user mengklik pada target dimana
ketiak posisi kursor ada pada bagian kepala maka akan memunculkan text
‘Headshot’, jika tepat pada sasaran akan memunculkan text ‘Right on Target’,
dan juga akan memunculkan gambar spark dan bullet hole selain itu tidak akan
memunculkan text.
Ketika
skor melebihi nilai 100 akan diarahkan ke form baru (Level 2)
Method formKeyPressed akan dijalankan ketika user menginput melalui
keyboard. Ketika user mengklik keyboard ESC makan akan menampilkan konfirmasi
dialog.
Method
pause akan digunkan untuk menghentikan waktu ketiak user mengklik ESC
Method
resume akan menjalankan kembali waktu yang terhenti. Unuk blok programnya
hamper sama seperti pengaturan untuk menjalnkan waktu pada permainan.
TAMPILAN OUTPUT
a.
Tampilan
Menu Awal
b.
Tampilan
Start
c.
Tampilan
Help
d.
Tampilan
About
Untuk melihat bagaimana game nya bisa langsung tonton saja video dibawah ini :
(jangan lupa like yaaa ^_^)
Komentar
Posting Komentar