TULISAN : INSTITUSI PENGOLAAN WEB

INSTITUSI PENGOLAAN WEB


  •        W3C ( World Wide Web Consortium )


      W3C adalah untuk World Wide Web. W3C bekerja dengan komunitas global untuk membuat standard internasional client dan server yang memungkinkan perdagangan dan komunikasi online melalui internet.

W3C didirikan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada 20 oktober 1994. W3C didanai oleh industri yang menjadi anggotanya,tetapi produknya tersedia gratis. Direktur W3C bernama Berness-Lee (yang menemukan WWW di CERN).

W3C merupakan standar dari berbagai macam penyedia jasa untuk pembangunan dari teknologi yang berhubungan dengan web, seperti HTML. W3C bertujuan untuk membuat Web dapat diakses oleh semua user. Perusahaan utama dari W3C IBM,Microsoft,America Online, Apple, Adobe Macromedia, Sun MicroSystem dan yang lainnya.

  •       IETF ( Internet Engineering Task Force )

IETF merupakan sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak individual maupun organisasi yang tertarik dalam pengembangan jaringan computer dan internet. Organisasi ini diatur oleh IESG ( Internet Engineering Streering Group ) dan diberi tugas untuk mempelajari masalah-masalah teknik yang terjadi didalam jaringan computer dan internet, dan kemudian mengusulkan solusi dari masalah tersebut kepada IAB ( Internet Architecture Board ). IETF merupakan pihak yang mempublikasikan spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/IP.


  •           ICANN ( Internet Corporation for Assigned Names and Numbers )


ICANN adalah organisasi nirbala yang didirikan pada oktober 1998 untuk bertanggung jawab dalam alokasi ruang alamat IP, pemberian parameter protocol, manajemen sistem nama domain, dan manajemen sistem root server yang sebelunya dikerjakan oleh Pemerintahan Amerika.


sumber :
https://aswendy.wordpress.com/2014/04/23/pengelolaan-web/
https://fadinug.wordpress.com/2017/03/09/institusi-pengelola-web-terhadap-aspek-hukum-dan-etika/

Komentar

Postingan Populer