DIMENSI PADA CINEMA DIGITAL

Assalamualaikum wr.wb
Hai para readers^_^. Kali ini saya akan membuat artikel tentang macam-macam dimensi pada cinema digital. Untuk artikel saya saat ini saya hanya akan membahas macam-macamnya saja, untuk contoh-contoh dimensi nya seperti film, akan saya bahas pada artikel selanjutnya.
Selamat membaca ^_^



DIMENSI PADA CINEMA DIGITAL

Sebelum membahas macam-macam dimensi, dimensi sendiri memiliki arti yaitu ukuran yang mencakup panjang, lebar, tinggi, dan juga luas. Definisi dimensi juga bermakna atribut, elemen, item, fenomena, situasi atau factor yang membentuk suatu entitas.
Untuk dimensi dibagi menjadi :
1.    DIMENSI 2 atau 2D
Dimensi dua sendiri memiliki arti yaitu mempunyai unsur panjang dan lebar serta memiliki suatu keliling dan luas. Benda-benda dengan dimensi dua dapat bergerak bebas ke kanan, kiri, atas dan bawah.
            Untuk dimensi dua pada Cinema Digital, contohnya suatu film. Film dengan menggunakan dimensi dua ini biasanya adalah film kartun. Kenapa film kartun menggunakan dimensi dua? Karena dimensi dua mempunya ukuran panjang (X-axis) dan (Y-axis), dan juga kartun awalnya hanya sebuah gambar yang tidak bergerak dan tidak terlihat nyata namun seiring perkembangan jaman lalu dikembangkan dari gambar yang tidak bisa bergerak lalu digerakkan satu persatu, sehingga gambar terlihat menjadi nyata.

2.    DIMENSI 3 atau 3D
Dimensi tiga sendiri juga memiliki arti yaitu mempunyai unsur panjang,lebar dan tinggi. Benda-benda dengan dimensi tiga ini dapat bergerak ke kanan, kiri, atas, bawah, depan dan belakang.
Dimensi tiga ini memiliki contoh yaitu rumah, mobi, hewan, manusia dan juga tumbuhan. Untuk dimensi tiga pada Cinema Digital biasanya film, tetapi untuk dimensi tiga ini kita harus menggunakan alat yaitu berupa kacamata. Kacamata ini membantu film yang tadinya hanya mempunyai dimensi dua lalu dengan menggunakan kacamata tersebut film akan berubah menjad dimensi tig, dan apabila kita tidak memakai kacamatanya film yang ditayangkan akan terlihat buram dan tidak jelas.

3.    DIMENSI 4 atau 4D
Dimensi empat merupakan penerus dari dimensi tiga, jika pada dimensi tiga hanya terdapat panjang, lebar dan tinggi, lalu pada dimensi empat sama seperti dimensi tiga hanya saja ditambahkan atau dilengkapi dengan dimensi waktu.
Pada dimensi empat dalam film atau dalam Cinema Digital, dibuat seolah-olah menjadi nyata atau kita seolah-olah sedang berada pada dimensi tersebut. Untuk dimensi empat pada film ini memiliki ruang yang berbeda dengan dimensi lain (2D/3D), pada ruang dimensi empat ini memiliki kursi yang dapat bergerak dan memiliki efek-efek lain seperti cipratan air, ini dilakukan supaya para penonton dapat mengalami langsung adegan yang sedang ditanyangkan.

untuk artikel saya ini tentang dimensi pada cinema digital, saya hanya menjelaskan dimensi dua sampai empat, selebihnya bisa readers search-search lagi. Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi para readers yang membacanya. Terimakasih banyak dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya ^_^

wassalamualaikum wr.wb










Komentar

Postingan Populer