HARDWARE DAN SOFTWARE YANG DIGUNAKAN UNTUK CINEMA DIGITAL

HARDWARE DAN SOFTWARE YANG DIGUNAKAN UNTUK CINEMA DIGITAL


Assalamualaikum wr.wb   
Hi, Readers! Kali ini saya akan membuat post baru tentang hardware dan software yang digunakan pada pembuatan sinema digital. Karena di artikel sebelumnya saya sudah bahas contoh dari sinema digital berupa film, lalu kali ini saya akan bahas lewat hardware apa film itu ditampilkan dan dengan menggunakan software apa film itu di buat. So, Let’s Read It…!



PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
1.    KAMERA DIGITAL
Sekarang sudah tidak jaman lagi membuat sebuah film dengan menggunakan kamera pita seluloid. Saat ini dalam pembuatan film sangat banyak yang menggunakan kamera digital, contohnya seperti kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex), Camcorder, . Mengapa menggunakan kamera digital? Karena, selain karena kamera digital yang mempunyai resolusi bagus, kamera digital tidak serumit kamera pita seluloid. Akan tetapi jika kita menggunakan kamera digital, kita harus punya budget yang besar, karena harga kamera digital yang cukup tinggi.

                                                                    

2.    PROYEKTOR
Proyektor merupakan sebuah alat yang digunkan untuk menampilkan sebuah fil/sinema. Dikarenakan saat ini sudah tidak menggunakan kamera dengan pita seluloid lagi, maka dari itu saat ini alat yang digunakan untuk menampilkan atau menayangkan film/sinema adalah proyektor.
v  PROYEKTOR DLP
Proyektor DLP memiliki resolusi 1280×1024 (setara dengan 1.3 megapiksel) hingga 2K (2048×1080). Proyektor DLP dikembangkan oleh perusahaan Texas Instrument.

v  PROYEKTOR DCI
Proyektor DCI memiliki dua jenis spesifikasi, yaitu 2K (2048×1080) atau setara 2.2 MP pada 24 atau 48 bingkai dan 4K (4096×2160) atau setara dengan 8.85 MP pada 24 bingkai per detik.

3.    SOUND SYSTEM
Jika sudah ada kamera digital, lalu proyektor maka sudah pasti harus ada sound system karena jika tanpa sound system, film tidak akan lengkap. Jenis Sound Sytem ada 3, yaitu Mono, Stereo(Right&Left) dan Surround. Surround itu sendiri adalah teknologi tata suara yang di buat seperti mengelilingi penonton sehingga membuat penonton seolah-olah berada di dalam film yang dilihatnya. Perusahaan yang mengembangkan suara ini diantaranya adalah Dolby dan DTS.


PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
1.    AFTER EFFECT

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan Software Adobe After Effect ini. Software Adobe After Effect ini tidak hanya berfungsi untuk mengedit video biasa saja, akan tetapi dengan software ini kita dapat menambahkan efek visual dan animasi pada video yang akan diedit. Selain itu fasilitas di adobe after effect sangat banyak. Mulai dari pengaturan pergerakan, pencahayaan, kamera, objek 3d dan didukung oleh plugin yang sangat banyak. Berikut ini contoh hasil dari editan after effect :



2.    BLENDER

Blender adalah software 3D open source (gratis) yang bekerja dan berintegrasi dengan menggunakan bahasa python dan  diciptakan oleh seorang berkebangsaan Belanda bernama Ton Rosendaal. Untuk mendapatkan software ini ataupun mendapatkan info lebih lengkap, Readers bisa mengunjungi www.blender.org. Berikut contoh video yang diedit menggunakan aplikasi Blender :

Nah.. cukup sekian nih para Readers, sebenarnya masih adalagi beberapa software maupun hardware nya, tetapi ya kalian bisa cari sendiri ya, hehehe..
Semoga pada artikel hari ini bermanfaat bagi para Readers, Terimakasih ^_^
Wassalamualaikum wr.wb

Sumber :

Komentar

Postingan Populer