ARTIKEL : IMPLIKASI DAN DAMPAK DIGITAL CINEMA

IMPLIKASI DAN DAMPAK TERHADAP DIGITAL CINEMA DI MASYARAKAT

Apa itu Implikasi ?
            Menurut para ahli, Implikasi merupakan suatu konsekuesi atau akibat langsung dari hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Menurut para ahli lainnya Implikasi merupakan suatu kesimpulan atau hasil akhir dari penemuan suatu penelitian.
Apa itu Dampak ?
            Dampak merupakan suatu akibat, imbas atau pengaruh yang terjadi, baik positif maupun negative dari sebuah tindakan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan tertentu.

Lalu bagaimana dengan implikasi terhadap Digital Cinema di Masyarakat?
            Implikasi Digital Cinema saat ini cukup banyak dan bervarasi, salah satunya adalah contoh dari kemajuan teknologi diberbagai bidang salah satunya adalah Digital Cinema.  Didalam Digital Cinema terdapat banyak kemajuan teknologi, contohnya adalah pembuatan film pertama yang masih berwarna hitam-putih dan kita lihat sekarang pada zaman ini sebuah film sudah banyak warna serta teknik dari grading-grading warna, sehingga bisa menampilkan suatu warna yang bagus, tidak hanya itu saat ini pun banyak sekali teknologi yang digunakan dalam dunia Digital Cinema, contohnya penggunaan Greenscreen.
Apa itu Greenscreen?
            Greenscreen merupakan suatu teknik untuk memanipulasi layar belakang atau background sebuah objek dengan memanfaatkan efek layar hijau (greenscreen).



Gambar (film Doctor Strange)

Lalu bagaimana dengan Dampak terhadap Digital Cinema di Indonesia ?
1.    Dampak Positif
Dengan adanya Digital Cinema ini, memudahkan kita dalam melakukan penyebaran film, dalam berupa data. Dan juga dapat menginspirasi banyak orang dalam melakukan pembuatan film atau daam pengeditan film.

2.    Dampak Negatif

Dengan adanya Digital Cinema ini, banyak kegiatan-kegiatan tradisi yang ditinggalkan oleh masyarakat. Contohnya seperti nonton bareng bareng dengan menggunakan “Layar Tancep”, karena masyarakat lebih memilih pergi ke Bioskop yang instan dan harga nya yg terbilang tidak murah.

Komentar

Postingan Populer