TULISAN : FACEBOOK




PENGERTIAN FACEBOOK

Facebook adalah layanan jejaring sosial atau social media yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, yang pemiliknya adalah Facebook, Inc, dan dioperasikan oleh perusahaan tersebut juga. Hampir sama seperti Twitter, hanya saja pada Facebook kita bebas untuk membuat status, memberi komentar tanpa adanya batasan karakter.

PENDIRI FACEBOOK

Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg bersama rekan/teman yang katanya sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Andrew McCollum, Eduardo Saverin,  Chris Hughes dan Dustin Moskovitz.

Awalnya, Keanggotaan situs facebook ini terbatas untuk mahasiswa Harvard saja. Selanjutnya diperluas hingga ke perguruan lain di Boston, Universitas Stanford dan Ivy League. Facebook  secara perlahan diperluas lagi kegunaannya kepada mahasiswa di universitas lain. Setelah itu diperluas lagi untuk siswa SMA, dan pada akhirnya, facebook bisa digunakan untuk setiap orang yang telah berusia 13 tahun ke atas. Artinya, pengguna facebook usia minimalnya harus 13 tahun. 

Walaupun demikian, berdasarkan survei Consumer Reports bulan Mei 2011 lalu, ada 7,5 juta anak-anak di bawah umur 13 tahun yang telah membuat akun Facebook.

Berdasarkan Studi Compete.com bulan Januari 2009 silam, telah menyatakan bahwa Facebook adalah situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan berdasarkan jumlah/banyaknya pengguna yang aktif dalam bulanan di seluruh dunia.

Nama layanan jejaring sosial ini adalah berasal dari nama buku. Buku yang dimaksud adalah buku yang diberikan kepada mahasiswa, saat tahun akademik pertama oleh sebagian pihak administrasi dari universitas yang ada di Amerika Serikat yang bertujuan untuk membantu para mahasiswa mengenal satu sama lainnya. 


TAHUN 2003 : FACEMASH.COM

Pada tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi.

Gambar-gambar mahasiswa tersebut didapatkan oleh Mark dengan me-hack database Universitas Harvard. Facemash mendaapatkan 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.

Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh pihak Harvard. Zuckerberg kemudian dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, serta melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan dari Harvard. Namun akhirnya hukuman tersebut dibatalkan.

Mark kemudian memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final pada mata kuliah sejarah seni, ia mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman yang disertai kotak komentar. Mark kemudian menyebarkan situs tersebut kepada teman sekelasnya dan mereka mulai saling berbagi catatan.

TAHUN 2004 : THE FACEBOOK.COM

Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com. Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron WinklevossTyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan.

Tidak lama sesudah peluncurannya, Sean Parker (co-founder Napster) menemukan thefacebook.com di komputer pacarnya. Parker kemudian pergi ke New York untuk bertemu dengan Mark yang pada akhirnya Parker mulai menjadi penasihat thefacebook.com secara tidak formal. Pada Juni 2004, Facebook mendapat investasi pertamanya dari Peter Theil (founder PayPal) sebesar 500 ribu dolar sebagai ganti dari 10.2% saham thefacebook. Sean Parker juga diangkat sebagai presiden dari perusahaan yang baru berdiri tersebut. thefacebook.com terus dikembangkan ke luar kampus hingga akhirnya pada 30 Desember 2004, lebih dari 1 juta orang telah menjadi anggota thefacebook.com

TAHUN 2005 - SEKARANG : FACEBOOK.COM

Pada Agustus 2005, thefacebook.com mengubah nama menjadi facebook.com dengan harga $200.000. Pada tahun tersebut, Facebook.com mendapatkan berbagai investor dan mulai bekerjasama dengan Apple dan Microsoft. Pada akhir 2005, Facebook telah menyebar di US, UK, Australia, New Zealand Canada, Irlandia dan Mexico..

Tahun-tahun berikutnya merupakan tahun yang tidak begitu cerah bagi Facebook. Hal ini disebabkan Facebook mengalami kerugian sampai pada batas Facebook harus menjual sahamnya untuk membalikkan kembali aliran pendapatan ke arah positif. Tetapi meskipun begitu, Facebook ternyata tetap tumbuh berkembang, hingga pada 2009 Facebook mulai berhasil meningkatkan labanya kembali ke angka yang positif (Untung).
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft memberikan pengumuman bahwa mereka membeli 1,6% saham Facebook dengan nilai sebesar $240 juta, sehingga memberikan nilai (harga) Facebook kala itu setara dengan $15 miliar. Pembelian ini meliputi hak Microsoft untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.

Pada Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.

Pada November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook kala itu mencapai $41 miliar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.

Pada bulan Maret 2011, facebook melaporkan bahwa mereka menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap harinya atas berbagai macam alasan, termasuk konten tidak pantas, spam dan pemakaian di bawah umur.

Statistik pada DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook berhasil meraih satu triliun tampilan halaman (Tanyang Laman) pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya (Facebook) sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi. Namun perlu dicatat bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat yang dilakukan oleh DoubleClick.

Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis pada Desember 2011, di Amerika Serikat Facebook merupakan situs web kedua yang paling banyak diakses.

Sampi saat ini Facebook masih banyak digunakan oleh masyarakat awam yang masih buta akan teknologi dan juga masih banyak yang menggunakan Facebook sebagai suatu alat untuk berdagang, Namun saat ini masarakata bukan hanya menggunakan Facebook, masyarakat luas lainnya sudah banyak yang meninggalkan Facebook dan beralih ke aplikasi yang lainnya.

SUMBER :


Komentar

Postingan Populer