ARTIKEL : KODE ASCII

Pengertian dan Fungsi Kode ASCII (Lengkap)

Kode ASCII

ASCII (American Standard Code for Information Interchange) merupakan Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi atau sebuah standar internasional dalam pengkodean huruf dan simbol seperti Unicode dan Hex tetapi ASCII lebih bersifat universal. Pada materi kali ini sobat akan menemukan 8 bit, 256 karakter ASCII, menurut ISO 8859-1 dan Microsoft Windows Latin-1 dengan peningkatan karakter, yang tersedia dalam program tertentu seperti Microsoft Word.

Dalam bahasa komputer 0 dan 1 tidak ada cara lain untuk mewakili huruf dan karakter yang bukan nomer. Semuanya harus menggunakan 0 dan 1. Salah satu jalan untuk berbahasa dengan komputer dengan cara menggunakan tabel ASCII. Tabel ASCII merupakan tabel atau daftar yang bersi semua huruf dalam alfabet romawi ditambah beberapa karakter tambahan. Dalam tabel ini setiap karakter akan selalu diwakili oleh sejumlah kode yang sama. Misal untuk huruf "b" (b kecil) selalu diwakili oleh urutan nomer 98, dan kalo dipresentasi menggunakan 0 dan 1 dalam bilangan biner, 98 adalah bilangan biner 110 0010.

Contoh lainya adalah 125 yang merupakan karakter "}". Simbol tersebut selalu digunakan dalam bahasa komputer. Bukan hanya komputer tetapi juga beberapa teknologi yang berbahasa komputer seperti Telepon Genggam.

Sebenarnya Kode ASCII mempunyai komposisi bilangan biner sebanyak 7 bit. Akan tetapi ASCII disimpan menadi 8 bit dengan menambahkan satu angka 0 sebagai tanda significant paling tinggi. Bit tambahan itu sering digunakan untuk uji prioritas.

Jumlah kode ASCII sendiri ialah sebanyak 255 kode. Kode ASCII dengan Nilai ANSI ASCII (Desimal) 0 sampai 127 adalah kode ASCII manipulasi teks sedangkan kode ASCII dengan Nilai ANSI ASCII 128 sampai 255 adalah kode ASCII untuk manipulasi Gambar/Grafik.
  • Kode yang tidak terlihat simbolnya seperti Kode 8 (Backspace), 10 (Pergantian baris / Line feed), 13 (Pergantian baris / carriage return), 32 (Spasi)
  • Kode yang terlihat simbolnya seperti numerik (0...9), abjad (a...z), karakter khusus (!"$#&‘%()*+,-./:;<=>?@)
  • Kode yang tidak ada di keyboard namun bisa ditampilkan. Kode ini biasanya untuk kode-kode grafik dengan Nilai ANSI ASCII 128 sampai 255.
SEMOGA BERMANFAAT GUYS ^_^

SUMBER :
http://www.materidosen.com/2016/10/pengertian-dan-fungsi-kode-ascii-lengkap.html

Komentar

Postingan Populer