DLP ( DIGITAL LIGHT PROCESSING )

KONFIGURASI DAN KOMPONEN MODEL DIGITAL


DLP atau Digital Light Processing atau Pemrosesan Cahaya Digital merupakan sebuah teknologi yang digunakan dalam proyektor atau televise proyeksi yang dikembangkan oleh Texas Instruments.

Dalam proyektor DLP, terdapat kaca kecil mikroskopis yang disusun dalam sebuah matrix diatas sebuah chip semikonduktor, atau biasa dikenal sebagai Digital Micromirror Device (DMD). Jumlah kaca-kaca kecil tersebut sama dengan resolusi gambar yang diproyeksikan, berikut resolusi :
1.    800 x 600
2.    1024 x 768
3.    1280 x 720

Terdapat beberapa komponen pada DLP :
1.    Source Light
Source Light merupakan sumber cahaya agnostic yang dapat digunakan secara efektif dengan berbagai sumber cahaya. Sumber cahaya yang digunakan mengandung tabung bususr kuarsa, reflector, sambungan listrik ( Xenon Arc Unit ).
Terdapat Metal-Halide lamps yang memerlukan 5000V untuk melakukan warm-up. Akan tetapi dengan penggunaan LED lebih efisien dan efektif, karena tidak perlu memerlukan daya yang besar hanya untuk melakukan warm-up, dan umur penggunaan lebih lama, serta warna yang nantinya dihasilkan menjadi lebih baik.
2.    DLP Chip

Yaitu Projektor Chip-Tunggal merupakan sebuah chip DMD tunggal, warna yang diproduksi hanya dengan menaruh sebuah roda warna antara lampu dan DMD yang akan direfleksikan kelua melalui optic.
3.    Roda Warna

Pada Roda Warna mempunyai warna utama yaitu warna primer : merah, biru, hijau dan satu warna gabungan yaitu cyan, magenta, kuning, dan putih. Pada warna gabungan ini menghasilkan banyak spectrum warna (Brilliant Color).
4.    DMD ( Digital Micromirror Device )


Merupakan salah satu dari chip DLP, dimana DMD Chip ini menggunakan cermin-mikron yang terbuat dari alumunium untuk merefleksikan cahaya dan menampilkan gambar.
Isi dari DMD yaitu :
1.    IC CMOS DDR SRAM; merupakan memori yang secara otomatis menggerakkan cermin ke posisi on/off sesuai dengan logika yang diberikan.
2.    Heat Sink ( sama seperti heat sing pada CPU ).
3.    Optical Window, yaitu dapat melewatkan cahaya dan dapat melindungi cermin ari debu dan kotoran.


DAFTAR PUSTAKA :





Komentar

Postingan Populer