TULISAN : KODE GRAY

  • Gambaran umum Gray Code?
Gray code merupakan cerminan dari binary code (kode biner), yang artinya angka terkhir pada string dapat sama dengan angka awal.tetap dalam urutan terbalik,sehingga dapat memungkinkan untuk membangun dan meningkatkan kegunaan dari kode biner standar atau natural. FRANK GRAY ,peneliti Bell labs,dimana nama belakangnya digunakan (Grey Code) ,mengembangkan sistem bilangan biner ini untuk membantu mengontrol electromechanical switch. Saat ini, Grey code digunakan untuk berbagai macam Environment, terutama pada komunikasi digital dimana sinyal analog perlu diubah menjadi media digital.
Selama masa awal pengembangan kode Gray. fokus utamanya adalah pada oprasi electromechanical switch yang lebih efektif, Mechanical switch (saklar mekanik) menggunakan kode biner alami dapat menjadi cukup sulit untuk menentukan posisi.
Beberapa switch dapat berubah posisi pada satu waktu, dengan posisi transmisi yang rumit.sesuai dengan fase transisi sebuah switch dapat membaca satu posisi ketika sebenarnya sedang dalam masa transisi (state of transition) dan dalam perjalanan ke posisi lain.Dengan terdapatnya begitu banyak switch ,maka sebuah pembacaan yang salah dari posisi switch dapat menghasilkan error sistem yang besar dan informasi yang tidak tepat.
Sebagai alternatif,hanya satu switch berubah posisi dalam satu waktu denagn menggunakan gray code ,dimana akan mengeliminasi kemungkinan kesalahan atau kesalahan informasi posisi ,karena hanya satu bit saja yang berubah dalam satu waktu.
  • Apa itu Gray Code?
Gray code merupakan bentuk biner yang menggunakan metode yang berbeda dari incrementing dari nomor satu ke berikutnya. Dengan gray code, hanya terdapat satu perubahan keadaan dari satu posisi ke posisi lainnya. Fitur ini memungkinkan perancang sistem untuk melakukan beberapa pengecekan error (yaitu jika lebih dari satu bit perubahan, data harus salah).

  • Cara Konversi Dari Binary Code ke Gray Code
Cara konversi dari binary code ke gray code adalah sebagai berikut: 

Konversikan bilangan biner 101000001 menjadi gray code :

CONTOH :

  • GRAY CODED DISK
Bagian yang diarsir merupakan logika 1, sedangkan bagian yang tidak diarsir merupakan logika 0. Gray scale digunakan untuk menyederhanakan perintah / perubahan pada masing-masing logika. Perhatikan tabel 1 tentang perbandingan antara binary code dengan grey code:
  • PERUBAHAN BINER KE GRAY


SUMBER :
http://stay-learning.blogspot.co.id/2014/03/apakah-code-gray-itu.html
http://blogkilas.blogspot.co.id/2013/12/code-gray-seven-segment-dan-ascii.html














Komentar

Postingan Populer