TULISAN : LINUX


Linux merupakan salah satu sistem operasi yang terdapat didalam komputer. Linux merupakan sistem operasi yang berbasis unix. Linux juga merupakan sistem operasi yang memiliki sifat multi user dan juga multi tasking. Linux multi user yang berarti bahwa linux tersebut dapat dimasuki oleh beberapa user bukan hanya satu user saja dalam waktu yang sama dan juga menggunakan aplikasi yang beda, sedangkan linux multi tasking berarti user yang masuk dalam linux bisa digunakan untuk mengeksekusi program yang lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan.

 
KELEBIHAN LINUX :



  1. Open Source; Linux adalah salah satu sistem operasi yang bersifat open source, bebas untuk dimiliki, bebas untuk dikembangkan, dan bebas untuk didistribusikan ulang.
  2. Freeware; Linux merupakan sistem operasi yang mempunyai bersifat Freeware, hal ini berarti siapapun baik untuk penggunaan pribadi, kelompok, dan instansi sekalipun dapat menggunakan sistem operasi ini secara bebas dan tanpa dituntut untuk membayar royalty kepada si penciptanya.
  3. Minimal Hardware; Linux hanya membutuhkan spesifikasi hardware komputer yang rendah, namun tetap untuk kebutuhan yang tinggi seperti grafis dan lainnya disarankan untuk menggunakan spesifikasi yang lebih tinggi.
  4. Skalabilitas; Linux dapat berjalan pada mesin sekecil 3Com Palm Pilot dan Digital Itsy atau pada mesin besar seperti Beowulf Clusters.
  5. Stabilitas; Keandalan linux dipercaya oleh badan sekelas NASA, NASA menggunakan sistem operasi Linux untuk sebuah percobaan tanaman di luar angkasa yang membutuhkan kestabilan sistem tinggi.
  6. Shared Libraries; Linux menggunakan sistem penomoran versi Shared Libraries. Sehingga memungkinkan untuk memperbaharui versi tanpa akan adanya kerusakan pada program lain.
  7. Kebal Virus; Linux lebih kebal terhadap serangan virus dibandingkan dengan sistem operasi lain seperti yang berbasis DOS. Hal ini merupakan yang paling penting karena berhubungan dengan sistem keamanan.


KEKURANGAN LINUX :

  1. Sistem operasi Linux sulit untuk dipelajari, terutama yang belum mempunyai kemampuan komputer sama sekali. 
  2. Belum banyak aplikasi yang mendukung Linux
  3. Tampilan dari sistem operasi ini kurang menarik.
  4. Tidak banyak dukungan dari hardware-hardware tertentu


SUMBER :
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux

Komentar

Postingan Populer