TULISAN : OPERASI DASAR QUEUE DAN DEQUEUE

OPERASI DASAR QUEUE


1. CREATE(antrean) : CREATE(Q)  adalah  suatu operator untuk membentuk dan menunjukkan suatu antrean hampa  Q. 
    Berarti :   NOEL(CREATE(Q)) = 0   FRONT(CREATE(Q)) = tidak terdefinisi   REAR(CREATE(Q)) = tidak terdefinisi 

2. ISEMPTY(antrean) : ISEMPTY(Q) adalah operator yang menentukan apakah antrean Q 
hampa atau tidak. Operand dari operator ini merupakan antrean, sedangkan hasilnya merupakan  tipe data  boolean. 
    Di sini :   ISEMPTY(antrean) = true, jika Q hampa, yakni jika NOEL(Q)=0 = false, dalam hal lain. Maka, ISEMPTY(CREATE(Q)) = true. 

3. INSERT(elemen, antrean) : INSERT(E,Q) adalah operator yang memasukkan elemen E ke dalam antrean Q. Elemen E ditempatkan di bagian belakang dari antrean. Hasil dari operasi ini adalah antrean  yang  lebih  panjang. 

     REAR(INSERT(E,Q)) = E QNOEL adalah E ISEMPTY(INSERT(E,Q)) = false 

4. REMOVE(antrean) : REMOVE(Q) adalah operator yang menghapus elemen bagian depan dari Antrean Q. Hasilnya merupakan antrean yang lebih pendek. Pada setiap operasi ini, harga dari NOEL(Q) berkurang satu,  dan  elemen  kedua dari Q menjadi elemen terdepan. 

    Jika NOEL(Q) = 0, maka REMOVE(Q) memberikan suatu kondisi error, yakni suatu underflow. Jelas bahwa REMOVE(CREATE(Q)) juga memberikan kondisi underflow error.


DEQUEUE (DOUBLE ENDED QUEUE)

  DEQUEUE adalah suatu List Linier, yang penambahan dan penghapusan elemen-nya dapat dilakukan pada kedua sisi ujung List, tetapi tidak dapat dilakukan ditengah-tengah list. Dari sini dapat kita katakan bahwa Dequeue adalah suatu Queue ganda atau Double Ended Queue. 

Deque menggunakan dua pointer penunjuk yaitu :
LEFT   : petunjuk untuk elemen pada posisi kiri
RIGHT : petunjuk untuk elemen pada posisi kanan

CONTOH :


Ada dua jenis Dequeue :

1.  Input-Restricted-Deque 
Adalah deque yang operasi pemasukan elemen datanya hanya dapat dilakukan di satu ujung kanannya (RIGHT), tetapi dapat menghapus dari kedua ujungnya ( LEFT dan RIGHT).

2. Output-Restricted-Deque
Adalah deque yang operasi pemasukan elemen datanya dapat dilakukan melalui kedua ujungnya (LEFT dan RIGHT), tetapi hanya dapat menghapus dari ujung kanannya(RIGHT).


ANTRIAN  BERPRIORITAS

Adalah himpunan elemen, yang setiap elemennya telah diberikan sebuah prioritas, dan urutan proses penghapusan elemen adalah berdasarkan  aturan berikut : 

  1. Elemen yang prioritasnya lebih tinggi, diproses lebih dahulu dibandingkan  dengan  elemen yang  prioritasnya  lebih  rendah. 

  2. Dua elemen dengan prioritas yang sama, diproses sesuai dengan urutan mereka  sewaktu  dimasukkan  ke dalam  priority queue.

BENTUK :



SUMBER :

Materi dari staffsite gunadarma

Komentar

Postingan Populer