DOLBY DIGITAL

KONFIGURASI DAN KOMPONEN DARI MODEL DIGITAL CINEMA : DOLBY DIGITAL



1.    Apa itu Dolby Digital ?
            Dolby Digital merupakan sebuah teknologi yang digunakan utntuk menghasilkan suatu suara berupa surround digital. Teknologi ini biasanya digunakan dalam pemrosesan dan pembentukkan data audio untuk film-film fi bioskop atau film-film pada media kepingan seperti DVD. Dolby Digital dikembangkan oleh Dolby Laboratories. Pada awalnya Dolby Digital disebut dengan Dolby Stereo Digital.
            Untuk mengoptimalkan penggunaan Dolby Digital, maa dibutuhkan kurang kebih 5 speaker full range dengan 1 speaker low frequency (subwoofer). Konfigurasi ini disebut sebagai Konfigurasi 6-Channel.
2.    Dolby Digital di Bioskop
Film Batman Returns merupakan film pertama yang dikeluarkan oleh Dolby Digital yang ditanyangkan dibioskop pada musim panas 1992. Dolby Digital soundtrack film optic yang dicatat pada cetak rilis 35 mm dengan menggunakan blok data yang berurutan dan ditempatkan disetiap lubang disisi soundtrack film.
Dolby Digital juga memiliki Dolby Stereo analog yang menggunakan Dolby SR soundtrack pengurangan kebisingan, seperti yang biasa dikenal sebagai Dolby SR-D.


v  Dolby Atmos® merupakan pengembangan terbaru dalam suara bioskop realistis. Dapat memberikan kebebasan penuh untuk para pembuat film dalam memastikan bahwa para pendengar akan mendengarkan soundtrack yang sama seperti yang mereka buat.


v  Dolby Surround 7.1 merupakan format audio bioskop yang dikembangkan untuk menjadi lebih realistis. Dengan menambahkan dua saluran audio tambahan diskrit, Dolby Surrounded 7.1.

Dolby merintis penciptaan Teknologi suara, dari Stereo ke Surround :

1.    Pada tahun 1970 : The Stereo Sound Era
2.    Pada tahun 1990 : Kemunculan Surround Sound
3.    Sekarang : 3D Cinema Sound

DAFTAR PUSTAKA :



Komentar

Postingan Populer