ARTIKEL : XIAOMI MI 5X


SPESIFIKASI XIAOMI MI 5X

HARGA
Rp2,9 jutaan
STATUS
Sudah dirilis (Juli 2017)
BODI
155,4 x 75,8 x 7.3 mm, 165 gram
PROSESOR
Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2 GHz
GPU
Adreno 506
RAM
4 GB
STORAGE
64 GB, microSD up to 128 GB
LAYAR
LTPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)
KAMERA
12 MP+12 MP & 5 MP
BATERAI
3.080 mAh
SISTEM OPERASI
MIUI 9 (Android 7.1.1)
JARINGAN
Dual-SIM 4G
KONEKTIVITAS
WiFi, Bluetooth, GPS
INTERFACE
USB Type-C, jack audio 3,5 mm
SENSOR
Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass
LAINNYA
DHS Audio
MIUI 9 dan Xiaomi Mi 5X diumumkan bersamaan dalam event yang diadakan di Beijing pada 26 Juli lalu. Namun, untuk kali ini kita tak akan berbicara banyak mengenai user interface MIUI 9, akan tetapi bakal lebih dalam mengulas Mi 5X.
Berbekal sistem operasi Android 7.1.1, Mi 5X pun telah dilengkapi dengan MIUI 9 secara default. Tak hanya itu, Xiaomi juga mengemas smartphone ini dengan dukungan dual-camera 12 MP yang ditempatkan pada bagian belakang perangkat.

Dual-camera 12 MP

Xiaomi Mi 5X Dual Camera
Seperti telah disebutkan, Xiaomi mengemas smartphone ini dengan dukungan dual-camera. Komposisi yang dimuat adalah 12 MP dengan lensa wide-angle dan 12 MP dengan lensa telephoto. Keduanya sama-sama didukung dengan sensor OmniVision.
Tentu saja, hadirnya dual-camera dengan komposisi seperti itu lebih memberi kemudahan bagi pengguna untuk menciptakan foto bokeh menggunakan mode portrait. Bahkan, dukungan dual-camera ini juga memiliki fitur 2x lossless zoom layaknya smartphone kompetitor, OPPO R11.
Lalu, bagaimana kualitas foto bokeh yang dihasilkan? Memang beberapa kali Xiaomi telah memamerkan hasil jepretan Mi 5X. Hasilnya terlihat menarik, namun belum diketahui kualitas aslinya mengingat sensor dual-camera yang disematkan menggunakan OmniVision.
Masih terkait dengan dual-camera yang disematkan, Xiaomi juga melengkapinya dengan dukungan Phase Detection Autofocus (PDAF) dan dual-tone LED flash. Sementara, kamera depannya hanya 5 MP dan diklaim oleh Xiaomi sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi foto selfie.

Snapdragon 625, RAM 4 GB, dan baterai 3.080 mAh

Xiaomi Mi 5X Spec
Tak kalah menarik untuk dicari tahu adalah isi jeroan atau spesifikasi hardware yang dibenamkan ke dalam smartphone ini. Ya! Xiaomi telah membekali Mi 5X dengan chipset Snapdragon 625 octa-core 64-bit dengan clockspeed 2 GHz.
Bisa dikatakan, chipset racikan Qualcomm tersebut favorit digunakan oleh produsen smartphone dikarenakan teknologi proses 14 nm. Berkat teknologi tersebut, chipset ini mampu membuat sebuah smartphone lebih efesiensi dalam hal konsumsi baterai.
Untuk mengimbangi kemampuan chipset yang disematkan, Mi 5X juga telah dibekali dengan RAM sebesar 4 GB dan internal storage 64 GB. Bahkan Xiaomi sesumbar bahwa dengan komposisi seperti itu, pengguna Mi 5X tidak akan merasakan nge-lag saat menjalan aplikasi yang terpasang, termasuk saat memainkan game.
Xiaomi telah melengkapi Mi 5X dengan baterai berkapasitas 3.080 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu plus dukungan Snapdragon 625 yang memang memiliki kemampuan dalam hal efisiensi baterai, Xiaomi berani menjanjikan bahwa daya tahan smartphone ini bisa seharian.

Desain tidak orisinil

Xiaomi Mi 5X Design
Dukungan dual-camera sudah diketahui, begitu juga isi jeroannya. Tentu yang tak kalah menarik untuk disinggung adalah desain dari smartphone ini. Tak main-main, Xiaomi mengemas Mi 5X dengan balutan material logam.
Sayangnya, bahasa desain yang dianut oleh smartphone ini bisa dikatakan tidak lagi orisinil. Mi 5X memiliki kemiripan dengan smartphone dual-camera milik pabrikan lain, seperti OPPO R11, OnePlus 5, dan tentu saja iPhone 7 Plus.
Bahkan bentuk antena yang melengkung ke atas dan bawah ini sangat mirip dengan yang dimiliki oleh ketiga smartphone yang sudah kami sebutkan tadi. Namun yang membedakan, Xiaomi Mi 5X memiliki sensor fingerprint dan logo Mi di bagian belakang.

Sensor fingerprint

Xiaomi Mi 5X ok
Sangat wajar jika smartphone yang hadir di tahun 2017 ini dilengkapi dengan sensor fingerprint. Hal ini juga diiyakan oleh Xiaomi dan terbukti, Mi 5X juga dilengkapi dengan fitur yang lebih banyak menyinggung soal keamanan ini.
Sayangnya, belum ada informasi yang dikupas oleh Xiaomi seberapa cepat sensor fingerprint yang disematkan ke dalam Mi 5X ini untuk membaca sidik jari pengguna. Selain itu, tak berbeda dengan kebanyakan smartphone yang sudah ada di pasaran, sensor fingerprint Mi 5X pun juga diletakkan di belakang perangkat.

SUMBER :
https://www.droidlime.com/artikel/harga-xiaomi-mi-5x.html

Komentar

Postingan Populer