TULISAN : PERANGKAT LUNAK

PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak (bahasa Inggris : software) adalah istilah khusus untuk datayang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan denganperangkat keras komputer.

Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:

·         Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata,lembar tabel hitungpemutar media, dan paket aplikasi perkantoran sepertiOpenOffice.org.
·         Sistem operasi (operating system) misalnya Linux.
·         Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascaldan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
·         Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.[4]
·         Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.
·         Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
·         Perangkat lunak gratis (freeware)
·         Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)
·         Perangkat lunak perusak (malware)






SISTEM OPERASI

Sistem Operasi (Operating System : OS) adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber dayaperangkat keras komputer(hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasiperangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.  sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk super komputer dan server web.

Fungsi Umum Sistem Operasi 

1. Resource manager adalah pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memori, cpu, disk drive dan perangkat lainnya.
2. Interface/tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang leibh mudah dipahami dan bersahabat (user friendly).
3. Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan proses secara berurutan.
4. Guardian, ialah menyediakan akses kontrol dengan tugas melindungi file dan mengawasi data dan program
5. Gate Keeper, berfungsi mengendalikan hak akses pengguna dalam mengendalikan yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
6. Optimizer adalah sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunannya.
7. Accountant yang mana berfungsi mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal
8. Server berfungsi untuk melayani pengguna computer


Ø  Lisensi
Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian izin, hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi lain, pemberian izin dari pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa[1] yang dilisensikan.

Macam Lisensi
·         Lisensi atas hak kekayaan intelektual : misalnya software, pemilik lisensi memberikan hak kepada pengguna untuk memakai dan menyalin sebuah software yang memiliki hak paten kedalam sebuah lisensi
·         Syarat dan ketentuan (term and condition) : lisensi dibatasi oleh jangka waktu pemakaian. Untuk melindungi kekayaan intelektual dari pemilik lisensi, karena sering atau adanya perubahan kondisi peraturan pemberian lisensi.
·         Wilaya : pembatasan wilayah adalah batasan pemakaian produk untuk digunakan dalam satu wilayah atau regional terbatas.  Misal sebuah lisensi produk atau jada untuk daerah atau regional “Amerika Utara” (Amerika Serikat dan Kanada) tidak dapat dipakai di Indonesia.
·         Lisensi massal : perangkat lunak adalah lisensi dari pemiliki ke perorangan untuk menggunakan sebuah perangkat lunak dalam satu komputer.
·         Lisensi merek barang / jasa : pemilik barang atau jasa dapat memberikan izin kepada individu atau perseroan agar individu atau perseroan tersebut dapat mendistribusikan sebuah produk atau jasa dari pemilik barang atau jasa.
·         Lisensi hasil seni dan karakter : memberikan izin atas penyalinan dan pendistribusian hak cipta material seni dan karakter.
·         Lisensi bidang pendidikan : memberikan izin kepada perorangan untuk memakai gelar akademis.
Contohnya :
1.    Windows
2.    Mac
3.    Dll

Ø  Open source
Open source adalah suatu istilah yang digunakan untuk software yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh penggunanya, dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi.

Keuntungan dari Open Source :
4.    Dapat diperoleh secara free atau gratis tanpa perlu membayar lisensi software
5.    Open source dapat diperoleh di internet, salah satunya software open sourcce yang terkenal yaitu sistem operasi komputer Linux
6.    Open source sangan tunjang oleh internet

Contoh program Open Source :

1.    Linux, merupakan software sistem operasi yang gratis dan populer,
2.    XAMPP, merupakan paket software yang berguna untuk simulasi dan pengembang web,
3.    Mozilla Firefox, merupakan software yang berguna untuk menjelajahi halaman web di internet,
4.    OpenOffice, merupakan paket software perkantoran yang berguna untuk mengolah kata, tabel dan database.
5.    osCommerce, merupakan software aplikasi web yang digunakan untuk toko online.
6.    ClamAV & ClamWin, merupakan software antivirus.
7.    Audacity, merupakan software perekam sekaligus pengolah audio.
8.    GIMP, merupakan software pengolah foto dan juga gambar digital.
9.    VideoLAN, merupakan software pemutar file multimedia.
10. Blender, merupakan program untuk pembuatan model 3 (tiga) dimensi, misalnya seperti animasi dan game.
11. Filezilla, merupakan softwere jaringan yang berfungsi untuk transfer file via protokol FTP pada jaringan komputer atau jaringan internet.
12. Mplayer, merupakan ssoftware pemutar musik yang berbasis open source.


APLIKASI

Aplikasi adalah alat dengan kegunaan tertentu untuk membantu dan mempermudah penyelesaian suatu pekerjaan atau tujuan tertentu.

Berikut ini adalah Program aplikasi yang dapat dibedakan lagi beberapa macam:

a. Word Processing
Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.

b. Desktop Publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.

c. Program Speadsheet
Merupakan program-program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.

d. Database Management System
Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.

e. Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.

f. Program Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting
g. Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.

h. Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.

i. Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video.

j. Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.

k. Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG.

SUMBER :


Komentar

Postingan Populer