TUGAS 4 : SEJARAH KONSOL GAME

SEJARAH KONSOL GAME


Generasi 1 :



            Generasi pertama konsol game berlangsung dari tahun 1972-1977, yang dirilis oleh Magnavox Odyssey. Game ini bernama “PONG”, pong merupakan sebuah game yang sederhana yang mengambil konsep permainan tenis, satu bola dan 2 papan di sudut kiri dan kanan. Lalu tahun 1975, Atari merilis game mirip seperti PONG dalam bentuk mesin ding dong dengan nama “SEARS”.
            Lalu Magnavox menyerah dan menghentikan produksi game PONG, sebagai gantinya mereka mngikuti jejak Atari, memproduksi mesin ding song dengan nama Odyssey 100 yang khusus menyajikan game PONG.

Generasi 2 :



            Generasi kedua konsol game berlangsung dari tahun 1976-1983. Tahun 1976, Fairchild mencoba menghidupkan kembali game dengan menciptakan VES (Video Entertaintment System). VES merupakan mesin pertma yang disebut sebaga “konsol”. Konsol menggunakan kaset magnetic yang disebut catridge.
            Tahun 1977, game dengan menggunakan konsol sudah tidak popular lagi dan Fairchild mengalami kebangkrutan. Tahun 1980, hamper seluruh produsen konsol mulai muncul dan mengambil Atari 2600 sebagai konsep dasar dalam pembuatan game terbaru. Lalu tahun 1983, game mulai runtuh lagi, karena game-game yang dibuat masih kurang kreatif dalam pembuatan konsolnya dan seiring perkembangan jaman computer semakin canggih, banyak orang lebih memilih membeli computer dibandingkan konsol video game.

Generasi 3 :



            Pada tahun 1983 perusahaan asal Jepang yaitu Famicom meciptakan sebuah konsol game baru dengan nama Nintendo asal Nintendo Entertainment System (NES) yang dirilis sekitaran akhir 1983.
            Konsol game ini menampilkan gambar dan animasi dengan resolusi yang tinggi untuk pertama kalinya. Lalu Nintendo setelah menyebar luas di Jepang, Famicom memperluas pemasarannya ke Amerika. Nintendo memiliki chip pengaman pada cartridge, dengan demikian game ini jika dirilis perlu ijin developer Nintendo nya terlebih dahulu. Contoh game dari konsol game ini yaitu, Super Mario.

Generasi 4 :



            Pada tahun 1988, sebuah perusahaan bernama SEGA berhasil menyaingin Nintendo. Sega merilis sebuah konsol yaitu Sega Mega Drive atau Sega Genesis, konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus disbandingkan NES.
            Tahun 1990, Nintendo kembali menggebrak dunia dengan mengeluarkan konsol game baru yang bernama SNES (Super Nintendo Entertainment System).

Generasi 5 :



            Tahun 1990-1994, Sega dan Nintendo tetap bersaing dalam pembuatan konsol game. Pada tahun 993, perusahaan dengan nama Panasonic merilis konsolnya dengan nama Panasonic 3DO. Konsol ini menggunanakan CD sebagai pengganti catridge. Pada tahun 1994, muncul konsol game Sony PlayStation, konsol ini dijual sampai ratusan juta unit di Jepang.

Generasi 6 :



            Generasi keenam ditandai dengan ada atau kemunculannya konsol game Xbox, dimana konsol game ini diluncurkan oleh perusahaan Microsoft dan mengakibatkan perusahaan konsol lainnya bangkrut.

Generasi 7 :



            Pada generasi ketujuh, teknologi sudah semakin canggih dan konsol terbesar didunia yaitu (Sony, Sega dan Nintendo) mengeluarkan koonsol game dengan nama PlayStation 3, lalu Nintendo dengan Nintendo Aii serta Microsoft Xbox 360.


Generasi 8 :



            Pada generasi kedelapan, teknologi yang diciptakan manusia semakin canggih, begitu pula dengan game, pada generasi kedelapan ini game yang diciptakan semakin canggih dan semakin bagus. Microsoft yang menawarkan Xbox One, lalu Sony menawarkan PS4, dan Nintendo menawarkan Nintendo Wii-U. Pada generasi kedelapan ini tampilan grafis dan visual nya menjadi lebih halus dan juga fitur-fitur yang semakin menarik.

SUMBER :

Komentar

Postingan Populer