TULISAN : PENGERTIAN DISKRIMINASI

Masihkah ada DISKRIMINASI?


Apakah DISKRIMINASI itu ?
Secara bahasa diskriminasi berasal dari bahasa inggris “Discriminate” yang berarti membedakan.
Dalam bahasa Arab istilah Diskriminasi di kenal dengan Al-Muhabbah ( المحا با ة )yang artinya membedakan kasih antara satu dengan yang lain atau pilih kasih.
Sedangkan menurut istilah diskriminasi adalah bersikap membeda-bedakan atau memisahkan antara sesama manusia, baik karena perbedaan derajat, suku, bangsa, warna kulit, jenis kelamin, usia, golongan, ideologi dan sebagainya.
Menurut sudut pandang sosiologi, sampai kapanpun setiap menginginkan adanya kebersamaan, bersatu, dan terpadu, keinginan ini didasarkan pada prinsip: Benar Salah, Pengungkapan perasaan kebersamaan, Keyakinan, diri dan keberadaan, Pengungkapan estetika dan keindahan.

Diskriminasi dibagi menjadi 2 yaitu:
1.   Diskriminasi langsung, terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama.
2.   Diskriminasi tidak langsung, terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan

Kenapa DISKRIMINASI bisa terjadi ?
1)      Persaingan yang semakin ketat dalam berbagai bidang kehidupan, terutama ekonomi.
2)      Adanya tekanan dan intimidasi yang biasanya dilakukan oleh kelompok yang dominan terhadap kelompok atau golongan yang lebih lemah.
3)      Ketidak berdayaan golongan miskin akan intimidasi yang mereka dapatkan membuat mereka terus terpuruk dan menjadi korban diskriminasi.
Solusi mengatasi DISKRIMINASI ?
untuk menghindari sikap diskriminasi seseorang harus mempunyai sikap kebersamaan. Sikap ini memiliki tujuan tentang adanya kesetaraan, kesamaan , keseimbangan, keselarasan, serta penghargaan terhadap manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Menempatkan kesejajaran antar sesama menghantarkan setiap orang memberikan yang terbaik pada ketaqwaan yang tinggi.


Sumber :





Komentar

Postingan Populer